Memindahkan Phonebook Dari Nokia ke HP Android

Okee, jadi baru-baru ini gw membeli sebuah HP dengan operating system Android, yaitu sebuah Samsung Galaxy Spica. Kenapa Spica? Yaa berhubung masih kuliah dan pakai duit sendiri, pilihnya yang paling terjangkau budget, gak mungkin beli X10 he he he..

Jadi, hal pertama yang harus gw lakukan adalah memindahkan phonebook yang berisi contacts dari nokia N70 gw yang lama ke Android. Berhubung entah kenapa waktu pertama gw mencoba install driver-driver yang dibutuhkan untuk menghubungkan HP ke komputer dalam OS Windows 7 terjadi kegagalan, jadilah gw memutuskan untuk googling dan mencoba cara lain.

Ternyata, ada cara yang jauh lebih gampang. Untuk cara ini, kita membutuhkan sebuah account google, microsoft office outlook, nokia pc suite, dan koneksi internet untuk handphone dan juga komputer yang digunakan. Oke, jadi begini caranya.

  1. Dengan menggunakan nokia pc suite, lakukan sinkronisasi antara phonebook handphone dengan microsoft outlook
  2. Export contacts pada microsoft outlook ke dalam format comma separated value (CSV) untuk DOS
  3. Masuk ke dalam Gmail, dan pilih contacts. Import file CSV yang dibuat tadi. Dengan begini, account Google anda sudah memiliki seluruh contact dari handphone anda
  4. Lakukan sinkronisasi antara handphone android anda dengan account google. Otomatis HP anda sekarang akan memiliki contact yang sama dengan account google.

Selesai! Cara ini bisa digunakan untuk semua handphone yang dapat melakukan sinkronisasi dengan outlook. Oh dan karena seluruh HP dengan OS android dapat melakukan sinkronisasi dengan account google, proses ganti handphone sesama Android akan menjadi mudah, cukup melakukan sinkronisasi :D

About these ads

4 comments

  1. Menurutku ada yang lebih aman dan relatif mudah. Tidak perlu lagi upload database kontak kita ke Google karena itu seperti memberi emas ke google. Kita bisa bekerja semuanya lokal hanya dengan memindahkan CSV phonebook ke android, download aplikasi android outlooktransformer.apk dari softpedia.org, kemudian install di android aplikasi outlooktransformer ini. Program ini khusus android dan telah ditest di beberapa smartphone.

    Keterangan lebih jelas di http://outlooktransformer.wordpress.com/indonesia

    1. loh kan kalo dimasukin ke android nanti otomatis di sync juga ke databasenya google, kecuali kalo kita emang pengen matiin sync di android. Dan kalo saya pribadi sih butuh sinkronisasi kontak antara hp dan google karena lebih gampang untuk mendownload ulang kontak misalnya saya habis flash rom baru atau format ulang semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s